UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG BUNYI MELALUI PENGALAMAN KONGKRIT PADA SISWA KELAS IV SD

Penelitian mengenai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Alam(IPA) Tentang Bunyi dengan media alat peraga berupa gitar, terompet telah dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2009. Penelitian ini dilatar belakangi adalah kenyataan di lapangan banyak di jumpai gaya mengajar guru belum maksimal, sehingga proses pembelajaran tidak efektif akibatnya hasil belajar siswa rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dala mata pelajaran IPA. Meningkatkan profesionalisme guru dengan menambah pengalaman dan pengetahuan dalam menerapkan metode mengajar. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas melalui 3 siklus perbaikan pembelajaran, subjek pelaku pembelajaran guru IPA kelas IV SD.

Dari penelitian di dapat hasil bahwa nilai rata-rata siswa selama proses perbaikan siklus 1 sampai siklus 3 mengalami peningkatan menjadi 86,36 % dari rata-rata prasiklus 59,54 menjadi 77,04 pada siklus 3. Demikian juga dari keaktifan siswa 44,45% prasiklus menjadi 77,27% pada siklus 3. Dari hasil pelaksanaan PTK  dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran dengan pengalaman kongkrit meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada pelajaran IPA tentang pokok bahan bunyi.

(permintaan penelitian masukkan di komentar)

About these ads

2 thoughts on “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG BUNYI MELALUI PENGALAMAN KONGKRIT PADA SISWA KELAS IV SD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s