Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester              : VI / 1

Alokasi Waktu                   : 4 jp x 35 menit (2 x pertemuan)

I. STANDAR KOMPETENSI:

1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan

II. KOMPETENSI DASAR:

1. 2 Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan.

III. INDIKATOR:

    1. 1. Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita “Si Blirik”.
    2. 2. Menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita “Si Blirik”.
    3. 3. Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraph yang mendukung.
    4. Menentukan tema cerita “Si Blirik”.
    5. 5. Menuliskan kembali isi cerita “Si Blirik”.
  1. IV. TUJUAN PEMBELAJARAN:
    1. 1. Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita ‘’Si Blirik’’.
    2. 2. Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita ‘’Si Blirik’’.
    3. 3. Siswa dapat menentukan latar cerita dengan menguntip kalimat atau paragraph yang mendukung.
    4. Siswa dapat menentukan tema cerita ‘’Si Blirik’’.
    5. 5. Siswa dapat menuliskan kembali isi cerita ‘’Si Blirik’’.

  1. V. MATERI AJAR:
  • Cerita anak
  1. VI. METODE PEMBELAJARAN:
  • Ceramah, latihan, penugasan, demonstrasi.

  1. VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
    1. 1. Pertemuan 1 (2 x 35 menit)
      1. A. Pendahuluan
  • Guru mengucapkan salam dan menanyakan kehadiran siswa.
  • Guru mengadakan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan “ Dongeng apa saja yang kamu ketahui?, sebutkan judulnya!”
  • Guru memotivasi siswa dengan mengatakan bahwa hari ini para siswa akan dibacakan dongeng yang menarik.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa

B.Inti

  • Siswa menyimak teks cerita yang dibacakan guru  tentang “Si Blirik”.
  • Guru dan siswa mengadakan tanya jawab tentang isi bacaan.
  • Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru tentang isi bacaan.
  • Siswa berlatih untuk menyebutkan sifat-sifat tokoh dalam cerita.
  • Siswa diminta untuk menyebutkan latar cerita dengan mengutip kalimat atu paragraph yang mendukung.
  • Siswa diberi kesempatan untuk bertanya.
  1. C. Penutup.
  • Siswa mengadakan evaluasi.
  • Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
  • Guru mengadakan tindak lanjut dengan meminta siswa untuk mencari dongeng lain dan menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita kemudian menjelaskan sifat-sifat tokoh tersebut.
  1. 2. Pertemuan II (2 x 35 menit)
    1. A. Pendahuluan
  • Guru meminta siswa mengumpulkan tugas yang diberikan pada pertemuan I
  • Guru mengapersepsi siswa dengan mengaitkan pembelajaran yang telah lalu dengan pembelajaran yang akan diajarkan.
  • Guru memotivasi siwa dengan meminta salah satu siswa membacakan tugas yang diberikan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.Inti

  • Siswa menyimak/ mendengarkan kembali secara singkat/ garis besar dari teks cerita “Si Blirik“ yang dibacakan oleh guru
  • Siswa berlatih menentukan tema cerita
  • Beberapa siswa diminta maju kedepan kelas untuk menceritakan kembali isi cerita “Si Blirik” dengan kata-katanya sendiri.
  • Siswa yang lain menanggapi cerita temannya.
  • Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
  1. C. Penutup.
  • Siswa menentukan tema cerita dan menuliskan kembali isi cerita “Si Blirik” dalam evaluasi.
  • Siswa dan guru membahas hasil evaluasi.
  • Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran.
  • Guru mengadakan tindak lanjut dengan memberikan tugas kepada siswa untuk banyak membaca di rumah.

VIII.ALAT DAN SUMBER BELAJAR:

  • Standar Isi
  • Silabus Bahasa Indonesia Kelas VI
  • Tape recorder
  • Cerita anak “Si Blirik”
  • Buku  Bahasa dan Sastra Indonesia PT Intan Pariwara halaman 2-3.

IX.PENILAIAN:

  • Pengamatan (proses pembelajaran)/ perbuatan
  • Penugasan.
  • Tertulis (penilaian produk).

A. FORMAT PENGAMATAN

NO NAMA SISWA ASPEK YANG DIAMATI RATA-RATA KETERANGAN
KEAKTIFAN KETEPATAN

Setiap aspek mendapat skor1-10

B. Tes Tertulis

Si  Blirik

Suatu hari induk itik mengajak ketiga anaknya mencari makan.

Mereka mencari makan di sebuah sungai.

Blirik, salah satu anak itik, tidak mau mencari makan.Ia benerang

meninggalkan induk dan saudara-saudaranya.Ia berenang kearah hulu sungai.

Tidak berapa lama kemudian, Blirik bertemu dengan rombongan

angsa. Blirik  berkenalan dengan salah satu anak angsa. Nama anak ituPutih.

Putih mengajak Blirik ke rumahnya. Kata Putih, di dekat rumahnya

banyak makanan.Blirik tertarik dengan ajakan Putih. Mereka bersepakat

bertemu di tengah sungai. Kemudian,mereka akan berenang ke dekat rumah Putih.

Malam itu Blirik tidak dapat tidur.Menjelang fajar,Blirik segera mengendap-endap meninggalkan kandang nya. Blirik segera berenang

berlari menuju sungai. Sesampai di  sungai Blirik segera berenang.

Blirik berenang menuju tengah sungai.

Perjalanan Blirik pun sampai di tempat yang disepakati kemarin.

Putih sudah menunggu Blirik.Putih dan Blirik lalu berenang ke hulu.

Mereka berenang sambil mencari ikan-ikan kecil.

Karena asyik,Blirik dan Putih tidak menyadari bahaya mengancam.

Seekor ular berjalan pelan menanti mangsanya lengah.Tiba-tiba saja

ular itu meluncur sangat cepat kea rah Blirik.Putih berteriak menyuruh

Blirik lari. Blirik kaget. Ia segera berenang ke darat.

Dengan susah payah, Blirik berhasil mencapai daratan Blirik menoleh-

ke  belakang.Dilihatnya ular itu meluncur dengan cepat. Blirik semakin ketakutan.

Tiba-tiba terdengar,’’Teot…teot…teot…! Makin lama suara itu makin

melemah.Suara itu berasal dari katak yang ditangkap ular.

Blirik bersyukur terhindar dari bahaya .Namun ia menyesali perbuat-

annya.Blirik berenang kearah hilir sungai.Tiba-tiba ia mendengar nama-

nya dipanggil.Panggilan itu berasal dari induknya.Blirik lalu berlari mene-

mui induknya.Blirik minta maaf kepada induknya.Ia berjanji tidak mengulangi

lagi perbuatannya.

Pertemuan I

  1. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
    1. Siapa saja tokoh yang terdapat pada cerita diatas?
    2. Bagaimanakah sifat-sifat tokoh dalam cerita tersebut!
    3. Tuliskan kutipan kalimat yang menunjukkan tempat kejadian!

Pertemuan II

  1. Tentukan Tema cerita diatas!
  2. Tuliskan isi cerita diatas dengan bahasamu sendiri!

Kunci Jawaban

Pertemuan I

  1. Induk Itik, Blirik, 3 Anak Itik, Putih, Ular.
  2. Induk Itik : Penyayang; Blirik : nakal; 3 anak itik : patuh pada orang tua; Putih: suka bersahabat; Ular: suka mengganggu.
  3. – Mereka mencari makan di sebuah sungai.

–  Ia berenang kea rah hulu sungai

– Blirik berenang menuju tengah sungai.

– Ia segera berenang ke darat.

– Blirik berenang kea rah hilir sungai

– Blirik mengendap-endap meninggalkan kandangnya.

– Blirik segera berlari menuju sungai

Skor  Nilai tertulis      =  soal no 1 = 2

Soal no 2 dan 3 = 4

Skor maksimal = 10

Pertemuan II

  1. Cerita seekor binatang (itik) yang tidak menuruti nasehat orang tua.
  2. Seekor itik yang bernama Blirik, dinasehati oleh induknya untuk tidak bermain sendirian dan mencari makan bersama saudara-saudaranya. Dia bertemu dengan sahabatnya “Putih”, dan dia dijanjikan untuk mendapatkan makanan yang banyak di rumah Putih. Merekapun bermaksud hendak ke rumah putih tanpa memberitahukan kepada induknya. Ditengah jalan, mereka bertemu dengan seekor ular yang hendak memangsa mereka. Untunglah Blirik dan Putih dapat menghindar. Mereka selamat dari bahaya. Namun mereka tidak sampai ke rumah Putih. Walaupun demikian, Blirik bersyukur, sehingga mulai saat itu, dia jera dan menyesali perbuatannya kerana telah melanggar nasehat orang tuanya.

Skor  Nilai tertulis      =  1  soal bobotnya 5

2 soal x 5 = 10

Skor nilai keseluruhan= skor format pengamatan + skor nilai tertulis : 2.

Catatan/ Saran :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Mengetahui                                                                                                                       Lampur,   Juli 2009

Kepala SD 8 Sungaiselan,                                                                                              Guru Bahasa Indonesia,

AMIR, S.Pd                                                                                                                         INTAN, A.Ma.Pd

NIP.10000000                                                                                                                    NIP.13000000

10 thoughts on “Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s